MANTAN SUPIR ANGKOT ASAL BANDA MALUKU TENGAH

KoranGanjar.com, PROfile :

Dalam mengisi luangnya sosok kita ini adalah berjualan kue sejak usia anak, ia lebih memilih berjualan daripada bermain sebagaimana layaknya usia anak-anak. Juga  menjadi kondektur bus , dan sopir angkot saat duduk di bangku SMA. Bertahun-tahun kemudian, setelah ia lulus dari Port Numbay, ia dipekerjakan sebagai pekerja di Sucofindo , sebuah perusahaan milik negara. Bersama teman-temannya, ia kemudian mendirikan tiga perusahaan bernama PT Rifa Capital, PT Bersama Papua Unggul, dan PT Dwijati Sukses. Yang kemudian berkembang dan  10 perusahaan lainnya di sektor transportasi dan properti.

Peta Kabupaten Maluku Tengah

Ya dialah, Bahlil Lahadalia, S.E. kelahiran Banda, Maluku Tengah tgl. 7 Agustus 1976 yang saat ini menjabat sebagai Menteri Investasi Indonesia merangkap Kepala BKPM – Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak  28 April 2021 lalu 

“Dia itu orang muda, sosok yang cerdas. Apalagi  Bahlil memiliki kemampuan manajerial yang baik dan kemampuan mengeksekusi yang cukup mumpuni”, demikian Presiden Jokowi saat itu

bahlil lanjutkan pak jokowi ed.

Sebelumnya, Bahlil Lahadalia adalah Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) periode 2015–2019. Dibidang politik, ia pernah menjadi anggota dari Partai Golongan Karya, tetapi telah berhenti pada tahun 2009.

Ia lahir dan mengenyam pendidikan di Maluku , dari SD N 1 Seram Timur hingga SMP N 1 Seram Timur   sebelum pindah ke Fak-Fak , (tempat ayahnya berasal) untuk melanjutkan ke SMA YAPIS Fakfak.  Ia memutuskan untuk belajar di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi di Jayapura di Port Numbay Economy College, sebuah perguruan tinggi swasta lokal. Namun, seperti yang diungkapkannya saat kuliah tamu di Universitas Brawijaya, ia lulus sangat terlambat di usia 26 tahun, karena pendidikannya terhenti akibat keterlibatannya dalam  Reformasi 1998 lalu . ‘Ehehehe.

jokowi-bahlil

Selama menjadi mahasiswa, ia aktif di Himpunan Mahasiswa Islam di Papua , hingga akhirnya menjabat sebagai Bendahara Umum Pimpinan Nasional Himpunan Mahasiswa Islam.

Dia adalah mantan ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia. Sebagai seorang pengusaha, pada suatu waktu, ia bertemu dengan Joko Widodo yang merupakan sesama pengusaha saat itu dan berteman dengannya. Persahabatan yang mereka jalin sangat erat sampai-sampai Joko Widodo sendiri menganggapnya sebagai saudara.

Dimana Banda?, Banda adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Maluku TengahMalukuIndonesia. Kecamatan ini mencakup seantero Kepulauan Banda, ditambah dengan beberapa pulau di sekitarnya. Kepulauan Banda merupakan tujuan wisata populer untuk para penyelam lautan. Kebanyakan turis datang antara bulan Februari–Mei dan September–Desember karena saat itu merupakan cuaca terbaik untuk snorkeling dan penyelaman laut dalam

Oh ya, menjelang Pilpres 2019 lalu dia demikian ‘dahsyat mendukung Presiden Jokowi agar 2 periode, dan menyediakan waktunya selaku Direktur Direktorat Penggalang Pemilih Muda Timses Jokowi-Maruf . Maka wajar jika di bulan  Oktober 2019 diangkat menjadi kepala BKPM ( Badan Koordinasi Penanaman Modal).  Dan dipilih sebagai menteri investasi pertama Indonesia pada 28 April 2021, setelah pembentukan Kementerian Investasi.

(Front Maluku Depok/Foto.ist)

Lainnya,

FRONT  MALUKU DEPOK, “JANGAN AJARI KAMI !”

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini