https://koranganjar.com/wp-content/uploads/2023/07/WhatsApp-Image-2023-07-27-at-14.07.27.jpeg
Beranda Berita “KATAKAN TIDAK KEPADA CANDI HAMBALANG ?”

“KATAKAN TIDAK KEPADA CANDI HAMBALANG ?”

72
0

 

“KATAKAN TIDAK KEPADA CANDI HAMBALANG ?”

KoranGanjar.com, OPIni :

Tahun 2021 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga – Zainudin Amali mengatakan jika  Pemerintah bakal membangkitkan proyek mega kompleks olahraga Hambalang yang sempat jadi bancakan korupsi di tubuh Partai Demokrat dan kini terbengkalai.

Proyek Hambalang m yang diplesetkan dengan ‘Candi Hambalang’ ini awalnya adalah Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) yang mulai dibangun pada 2010 lalu dengan PT Adhi Karya Tbk menjadi salah satu perusahaan pemegang tender proyek dan terjadi di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan menyedot anggaran sebesar Rp.2,5 triliun.

politisi yang terseret kasus Mega Korupsi Hambalang (Ahmad Hafidz Zaini)

Zainudin Amali optimis kompleks olahraga Hambalang nantinya diperuntukkan bagi atlet senior dan atlet yang siap bertanding. Hambalang yang kumuh itu akan disulap menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet yang sudah siap untuk bisa bertanding.

Selain Hambalang, nantinya, pemerintah juga akan membangun pemusatan pelatihan terpadu di berbagai daerah yang akan membina atlet junior. Pembangunan ini dilakukan sekaligus untuk mendukung keberadaan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang ada di Cibubur.

editan hambalang mangkrak © 2017 brilio.net

“Kami merencanakan akan membuat 10 sentra pemusatan latihan di beberapa daerah dan tentu, kita sesuaikan dengan potensi yang ada dan yang paling mendasar adalah potensi talenta ketika di sekolah dasar. Sentra-sentra ini akan berisi anak-anak kita yang punya potensi yang sudah terseleksi usia SMP, selanjutnya usia SMA kita akan Dorong ke Cibubur tempat SKO,” jelas Menpora kepada pers saat itu.

“Tentu ini adalah rangkaian panjang. Sebab, untuk sebuah prestasi menurut para pakar minimal dibutuhkan waktu 10 tahun atau kira-kira 10.000 jam untuk bisa menuju prestasi,” imbuh dia.

Bukan saja kemudian bermasalah karena ada korupsi berjamaah, jauh hari pengamat telah mengingatkan jika kontur tanah disana mengkhawatirkan, struktur tanahnya labil  lantaran tanah di Hambalang berjenis clay soil atau lempung. Dimana jika  terkena hujan. Air hujan akan menerobos masuk hingga 1-2 meter dan, saat air menyentuh lapisan lempung, tanah akan mengembang dan membahayakan bangunan material di atasnya. Sementara itu, saat panas, tanah akan menyusut. Itu yang terjadi.

‘wkwkwkw…

(Red-01/Foto.ist)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini