Andi Gembul,

“SIAPA YANG BERANI PERIKSA  BAHLIL ?”

KoranGanjar.com, OPINi:

Sudah tidak aneh sejak Pre-coblosan 14 Februari 2024 lalu, isu miring tentang sosok Bahlil Lahadalia – Menteri Investasi dan Kepala BKPM yang diduga penyalah-gunaan kewenangan sebagai Kepala Satuan Tugas Penataan Penggunaan Lahan dan Penataan Investasi demikian bebas dan bau gosip karena kapan saja bisa mencabut atau menghidupkan kembali Izin Usaha Pertambangan (IUP) tanpa reserve, ahahah.

Makanya untuk pembuktian benar atau salahnya, KPK atau POLRI harus berani untuk menyelidikinya. Dan dimulai dari ‘keberanian & tekad’ Komisi VII DPRRI menggagasnya, harus kongkrit bukan sekedar euphoria di sosmed atau media.

Periksa dulu sambil ngopi – ngopi cantik kek, ahaha.

Yang jelas bagi KoranGanjar.com sintesis dari Koranjokowi.com ini , KPK & Polri bersama Komisi VII DPRRI duduk satu meja dulu sambil ‘ngopi cantik’ mendiskusikan beberapa materi dibawah ini yang beredar luas dimasyarakat

1.Apa benar dugaan adanya campur-tangan Bahlil  dalam mencabut dan mengaktifkan kembali Izin Usaha Pertambangan (IUP) serta Hak Guna Usaha (HGU) lahan sawit di beberapa daerah?

2.Apa benar  dalam mencabut dan memberikan kembali IUP dan HGU, Bahlil meminta imbalan uang miliaran rupiah atau penyertaan saham di masing-masing perusahaan?

3.Tata-ulang SOP Bahlil sebagai Kasatgas apakah ini tidak tumpang tindih dengan domain Kementerian ESDM karena yang publik pahami UU dan kepres terkait usaha pertambangan ada di wilayah kerja Kementerian ESDM bukan Kementerian Investasi.

Karena pengelolaan tambang tidak melulu dilihat dari sudut pandang investasi, tapi juga terkait lingkungan hidup dan kedaulatan pemanfaatan sumber daya alam nasional

4.Apakah salah jika publik menduga keberadaan satgas sebagai upaya legalisasi pencarian dana pemilu untuk salah satu peserta pemilu?

Teman teman relawan Ganjar dimana saja berada,

Kepada Koranganjar.com, Andi Gembul – Aktifis thn.1996-1998 saat ditanya  atas hal ini menjawab,  “Diketahui, niat pemerintah membentuk Satgas Investasi itu sebagai upaya menggenjot investasi. Badan ad hoc ini, diharapkan mampu menghilangkan sumbatan investasi di pusat dan daerah”

 

Atas hal ini kemudian dibuatlah Peraturan Presiden (Perpres) No.70 Tahun 2023 tentang Pengalokasian Lahan bagi Penataan Investasi. “Maka wajar jika ada anggapan publik yang menduga  Regulasi ini memberi kewenangan pada Bahlil untuk mencabut izin pertambangan yang tidak produktif.

Presiden Joko Widodo mengalihkan sebagian kewenangan perizinan berusaha pertambangan mineral dan batu bara (minerba) kepada pemerintah provinsi (pemprov).

Berbekal peraturan itu, gosip yang beredar Bahlil mengumpulkan data izin tambang yang tak beroperasi sepanjang 2021-2023, “Didata gosipnya ada sekitar  2.078 izin tambang yang kemudian dia cabut . Beberapa di antara pengusaha yang terkena pencabutan ini mengaku, tidak beroperasi karena terpaan pandemi COVID-19 tapi alasan ini diabaikan Bahlil. Ini repotkan?”, pungkas Andi Gembul by Phone kemarin (3/3) kemudian pamit tutup telepon karena ada giat lain

BAHLIL VS  PDI PERJUANGAN

Teman teman relawan Ganjar dimana saja berada,

Sebelumnya, PDI Perjuangan juga dibuat meradang seolah ‘di-tunjang’ Bahlil dari belakang kepala, karena ujug – ujug bulan Desember 2023 lalu, dia mengatakan agar  PDI Perjuangan  berhati-hati karena sejarah mencatat tidak ada partai politik yang berkuasa selama lebih dari 10 tahun pada masa reformasi.

Masih kata Bahlil, setelah reformasi 1998 – 2009, partai pemenang pemilihan umum (pemilu) selalu berganti, dari PDIP, Golkar, lalu Demokrat. Pemegang jabatan presiden pun terus berganti dari Presiden Gus Dur, Megawati, hingga Susilo Bambang Yudhoyono yang menjabat dua periode atau 10 tahun.

Atas hal ini, Ganjar Pranowo pun kepada Pers mengatakan , “Tidak apa seperti itu , pak Bahlil itu unik, kita pasti selalu bersama dengan rakyat saja,kenapa takut. Banteng itu makin dicolek, tanduknya makin tajam

Silahkan teman -teman menyimpulkan sendiri.

(Red-01/Foto.ist)

Lainnya,

@k0ranganjar

“GUS YAQUT, AHOK & KUA”

“ANDI GEMBUL PIMPIN DEMO DI KPUD KOTA DEPOK !”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini